Gambar
Process Lift On / Lift Off di DEPO Container
Pengertian
/ Definisi Ekspor dan Impor
Kegiatan menjual barang atau jasa ke negara
lain disebut Ekspor,
sedangkan kegiatan membeli barang atau jasa dari negara lain disebut Impor, kegiatan demikian
itu akan menghasilkan devisa bagi negara.
ISTILAH-ISTILAH UMUM
- Shipper adalah nama lain dari exporter atau
pengirim barang. Istilah shipper ini akan selalu di pakai sebagai
pengganti kata exporter / pengirim barang./ penjual.
- Consignee adalah nama lain dari importer atau
penerima barang. Istilah ini akan selalu dipakai sebagai pengganti kata
importer / penerima barang / pembeli.
- Notify Party adalah pihak ketiga selain Consignee yang
mengetahui adanya sebuah pengiriman barang.
- Vessel adalah Kapal
- Voyage / Voy. Adalah nomor pengapalan
- Shipping Marks & Numbers adalah keterangan
yang tertera atau tertulis dalam kemasan barang
- Descriptions of Goods adalah deskripsi barang
- Gross Weight / G.W. adalah berat kotor barang
- Net Weight / N.W. adalah berat bersih barang tanpa kemasan
- Shipping Schedule adalah Schedule Keberangkatan Kapal /
Pesawat
- Warehouse adalah Gudang tempat penumpukan barang
yang dikirim dengan tidak menggunakan container
- UTPK adalah Unit Tempat Penumpukan Peti Kemas
- DEPO adalah tempat penumpukan container kosong
- Delivery Order / DO adalah Surat yang diterbitkan pihak
shipping atau forwarder kepada shipper sebagai tanda bukti pengambilan
container kosong dan atau tanda bukti pengiriman barang dari gudang
shipper ke UTPK atau Warehouse.
- Stuffing / Loading adalah proses pemuatan barang export
kedalam container atau truck angkutan (berlaku untuk kegiatan export).
- UnStuffing / Unloading adalah proses pembongkaran dari dalam
container atau truck angkutan (berlaku untuk kegiatan import)
- Feeder Vessel adalah Kapal pengangkut dari pelabuhan muat
ke pelabuhan transit. Jenis kapal ini kecil hanya muat untuk mengangkut
3000an kontainer
- Mother Vessel adalah Kapal pengangkut / kapal besar yang
mengangkut muatan dari pelabuhan transit ke pelabuhan tujuan diseluruh
penjuru dunia
- Open Stack ( O/S ) adalah waktu dibukanya container / barang
boleh di tempatkan di UTPK atau warehouse
- Closing Time ( C/T ) adalah waktu ditutupnya pemasukan /
penumpukan barang di UTPK atau warehouse.
- ETD adalah Estimated
Time of Departure yaitu
Waktu Perkiraan Keberangkatan Kapal / Pesawat dari pelabuhan muat
- ETA adalah Estimated
Time of Arrival yaitu
Waktu Perkiraan Kedatangan Kapal / Pesawat
- LCL adalah Less than Container Loaded yaitu system pengiriman
barang tanpa menggunakan container atau dengan
kata lain pengiriman barang yang kapasitasnya dibawah standar kapasitas
muat container.
- FCL adalah Full
Container Loaded yaitu
Pengiriman Barang dengan Menggunakan Kontainer.
- Part Of Shipment adalah Pengiriman Barang menggunakan 1
kontainer dimana didalam container tersebut terdiri dari berapa nama
shipper namun dengan tujuan satu Consignee.
- Dry Container adalah container kering / standar yang
digunakan untuk mengirim barang2 biasa yang tidak berbahaya dan bukan
merupakan barang gas atau cair. COntohnya mebel, handicraft, garment, …etc
- Reefer Container adalah container yang memiliki pengatur
suhu. Biasa digunakan untuk pengiriman produk makanan seperti Ikan hidup,
Udang Hidup, buah-buahan, sayur-sayuran..dll
- Open Top Container adalah Kontainer yang bagian atasnya bisa
dibuka / terbuka. Kontainer ini dgunakan untuk pengiriman barang yang
tingginya melebihi standar ketinggian container DRY.
- Flat Rack Container adalah container yang bagian samping kanan
dan kirinya terbuka. Kontainer ini digunakan untuk memuat barang yang
lebarnya melebihi standar lebar container DRY.
- Space adalah tempat yang tersedia didalam kapal
- Booking adalah istilah untuk pemesanan tempat
- Shipping Instructions adalah surat pengajuan pengiriman barang yang
diterbitkan oleh shipper
- Ocean Freigh ( O/F ) adalah biaya pengiriman barang dengan menggunakan
kapal laut
- OFR = Adalah singkatan dari Ocean Freight Rate, atau tarif dasar ongkos
pengiriman lewat laut, biasanya dihitung per cbm atau kubikasi
- Air Freight ( A/F ) adalah biaya pengiriman barang dengan menggunakan
pesawat
- AFR = Adalah singkatan dari Air Freight Rate, atau tarif dasar ongkos
pengiriman melalui udara, biasanya dihitung berdasarkan satuan
kilogram atau pound (lbs)
- F.O.B adalah Free On
Board adalah
system pembelian barang dimana semua biaya Pengiriman atau O/F , Asuransi
dan harga barang dibayarkan setelah kapal sampai atau di pelabuan bongkar
- C.I.F adalah Cost
Insurance & Freight adalah system pembelian barang dimana Biaya Pengiriman, Asuransi dan
Harga barang dibayarkan sebelum kapal berangkat / di pelabuhan muat
- C & F adalah Cost
and Freight adalah
system pembelian barang dimana Biaya Pengiriman dan Harga Barang di
bayarkan di pelabuhan muat namun asuransi menjadi tanggungan Penerima
Barang.
- Freight Prepaid adalah Sistem pembayaran biaya pengiriman barang di
pelabuhan muat
- Freight Collect adalah Sistem pembayaran biaya pengiriman barang di
pelabuhan bongkar
- Bill Of Lading atau B/L
adalah Surat /
Dokumen yang diterbitkan oleh Shipping Line / Freight Forwarder untuk
setiap pengiriman barang Export. Bill Of Lading ini di terbitkan pada
tanggal keberangkatan Kapal. Bill Of Lading ini nantinya akan diberikan
kepada consignee untuk mengambil barang di tempat tujuan (pengambilan
import). Fungsi dari Bill Of Lading ini sangat banyak. Selain sebagai
bukti pengambilan barang di tujuan, juga dilampirkan dalam proses
pembuatan COO.
- Air Way Bill / AWB fungsi dan kegunaannya adalah sama dengan Bill Of
Lading. Namun AWB ini khusus untuk pengiriman barang via Udara.
- Certificate of Origin adalah Sertifikat Asal Barang. Diterbitkan oleh
DISPERINDAG kepada exporter. Kegunaannya adalah sebagai bukti keaslian
barang dari Negara Asal yang tertera pada Bill Of Lading
- Packing List adalah Daftar Sistem Pengepakan. Packing List ini
diterbitkan oleh setiap exporter setiap kali akan export. Data2 Packing
List inilah yang akan di muat pada Bill of Lading maupun AirWayBill.
Packing List berisikan data2 Nama dan alamat Shipper, Nama dan Alamat
Consignee, Nama dan Alamat Notify Party (jika ada), Nama Barang, Jumlah
dan Jenis Kemasan, Jumlah barang, Berat Bersih / Net Weight, Berat Kotor /
Gross Weight, Kubikasi, Shipping Marks & Numbers / Keterangan yang
tertulis pada kemasan, Nama Vessel, Pelabuhan Muat, Pelabuhan Bongkar.
- Comemrcial Invoice adalah Daftar Nilai / Harga Barang yang tercantum
dalam Packing List. Commercial Invoice ini berisikan nilai barang per item
dan total nilai barang. Bill Of Lading, Packing List dan Commercial
Invoice adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam proses Export dan
Import atau bisa dikatakan ketiga dokumen ini adalah 1 set dokumen Export
/ Import.
- P.O.L adalah Port Of
Loading yaitu
Pelabuhan Muat
- P.O.D adalah Port of
Discharge yaitu
Pelabuhan Bongkar
- Place of Delivery yaitu Tujuan akhir Pengiriman Barang
- Place of Receipt yaitu Tempat Penerimaan Barang
- Customs Clearance adalah proses administrasi pengiriman dan atau
pengeluaran barang ke / dari Pelabuhan muat / Bongkar yang berhubungan
dengan Kepabeanan dan administrasi pemerintahan.
- Measurement /
Cubication / CBM adalah
ukuran kubikasi suatu barang export baik itu. Perhitungan Kubikasi ini
sangat penting dikuasai oleh para exporter untuk menentukan jenis
pengirimannya. Apakah menggunakan Kontainer 20ft, 40ft,40HQ atau 45ft.
Atau apabila menggunakan truck apakah akan dikirimkan dengan menggunakan
truck tronton, truck angkel, truck box / diesel atau truck built up.
- Consolidasi = Adalah
proses yang biasanya dilakukan freight forwarders untuk
menggabungkan banyak kiriman menjadi satu kiriman, dan hal ini dapat
memperkecil biaya ongkos kirim secara keseluruhan
- SRP = Adalah
kependekan dari Surat Registrasi Pabean, surat ini berguna untuk
importer sebagai identitas yang memenuhi persyaratan dari Bea dan Cukai
untuk melakukan import barang
- API = Adalah kependekan dari Angka
Pengenal Importir, bentuk lain adalah API-T (Terbatas).
- API-U (Umum) adalah suatu izin sebagai
identitas suatu perusahaan atau perorangan dalam bidang import
- HS Code = Adalah suatu
istilah untuk mengidentifikasi suatu klasifikasi barang, HSCode ini
menggunakan angka untuk memudahkan perhitungan bea-bea
- Volumetrix = Adalah suatu istilah untuk
perbandingan antara berat aktual barang dan berat hasil perkalian dimensi
barang, istilah lain adalah Barang ringan makan tempat (Ringan Makan
Tempat) jadi kurir akan menghitung yang terberat diantara 2 (Dua)
perbandingan tersebut
- Notul = Adalah suatu kejadian dimana
barang tidak dapat dikeluarkan karena terkena pemutihan, documen yang
tidak valid atau dipalsukan, Perubahan Invoice, sehingga bea masu
terlalu tinggi, dan biasanya terkena sewa gudang di pelabuhan
- PIB = Pemberitahan Impor Barang. Pengisian form PIB
dilakukan dengan system online EDI (Electronic Data Interchange).
Jika pemeriksaan PIB disetujui, maka akan terbit SPPB
- PEB = Pemberitahuan Export Barang. Pengisian form Pemberitahuan
Export Barang di ajukan dengan system online melalui system EDI (Electronic
Data Interchange). Jika pemeriksaan PEB di setujui, maka
akan keluar P.E. Adapun data-data yang diisikan saat pengajuan pengisian
form PEB adalah semua data-data yang ada di Packing List & Commercial
Invoice seperti
Contoh
:
Shipper
berada di Cirebon ingin mengirim barang ke Dallas, TX USA. Maka :
Place
Of Receipt adalah Cirebon
P.O.L
nya adalah Tg. Priok, Jakarta
P.O.D
nya adalah salah satu Pelabuhan di East Coast atau West Coast USA(tergantung
service dari Shipping Line). Contoh salah satu pelabuhan West Coast USA adalah
Los Angeles CA.
Bersambung
ya :-)
Apabila ada saran dan kritik yang ingin di
sampaikan, silahkan sampaikan kepada saya :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar